Senin, 10 Oktober 2016

Praktek



Panjang ya? Fyuh cape ngetiknya, tapi kalau copy paste lain kayaknya he he he.
Cara copy paste ini paling sip, karena dijamin bebas virus, seperti kita ketahui file.xla dibuat dengan bahasa pemrograman yang rentan dengan serangan virus. Mau lihat kode aslinya, buka Excel trus pencet tombol [Alt]+[F11] bersamaan atau info lebih lanjut lihat Help-nya Excel. Setelah diblok dan dicopy, jangan lupa di paste ke program NotePad, dan diberinama dengan SG-Terbilang.xla atau terserah.xla. Tapi kalau Anda ngotot mau download dengan berbagai alasan, ya silahkan download disini nih SG-Terbilang.xla (tidak dijamin bebas virus lhoo..).
Cara pakainya: jangan sampai dah download filenya ndak tahu cara menggunakannya. Mubadhir dong.
Pertama jalankan program Excel,  pilih tombol OfficeButton disebelah kiri atas bergambar tombol bulat(seperti pada Word diatas), klik tombol [Excel Options], kemudian pilih menu [Add-Ins], kemudian dari window Add-Ins

Jika pilihan file SG-Terbilang.xla belum ada, pilih template Manage: Excel Add-Ins dilanjutkan dengan mengklik tombol [GO] disampingnya. Pilih tombol browse dan temukan filenya SG-Terbilang tadi disimpan di directory apa.
Selanjutnya tinggal dikutak-katik dan dicoba diExcel, misal
Cel A1 diisi 1.234.567,50 dan di cell b1 diisi =ANGKATERBILANG(A1) maka pada cel B1 itu juga akan ditampilkan:  “satu juta dua ratus tiga puluh empat ribu lima ratus enam puluh tujuh rupiah lima puluh sen”
Jika ternya hasilnya berbeda, coba set Regional setting: Caranya pergi ke controlpanelnya windows, kemudian pilih regional seting, trus maaf dah ngantuk nih. Coba2 sendiri ya, gampang kok.
Agar file/data kita yang berisi formula dapat dipakai di computer lain yang tidak menggunakan SG-terbilang, setelah selesai menginput, buat file lain/diberi nama file yang berbeda, missal xxx_copyvalue.xls
Cara menghilangkan formulanya: blok semua cel yang akan dihilangkan formulanya, kemudian [CTRL]+[C] atau Klik kanan mouse, pilih copy, agar tercopy ke clipboard, trus geser kursor ke ujung kiriatas cel yang diblok tadi, klik kanan mouse, pilih Paste Special, pilih value, [OK]. Begitu saja dan semua formula yang diblok tadi hilang tinggal hasilnya doang tanpa formula.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Boleh memberikan saran/kritik/komentar